RSS
Facebook
Twitter

Sunday, January 5, 2014

MEMBUAT FAVICON BLOG

 favicon, blog
Favicon blog bisa kita anggap sebagai indentitas dari blog kita. Untuk favicon sendiri adalah simbol kecil yang muncul di browser sebelum link domain. Banyak macamnya tergantung kreativitas pemilik blog, namun umunya berupa huruf.
Anda bisa membuat favicon untuk blog anda caranya cukup tergolong mudah ko hanya butuh sentuhan-sentuhan dikit saja udah selesai. Sebelum membuat favicon anda harus siapkan simbol atau icon yang ingin di jadikan untuk identitas blog anda, saya sarankan gunukan inisial dari blog anda. Misal paijo.blogspot.com ya gunkan saja huruf  Pnya.
Untuk simbol yang ingin anda gunakan saya serahkan kepada anda sepenuhnya tapi pasti kan berwujud gambar JPG. Ini menurut saya hanya untuk membuat blog kita menjadi lebih indah bukan termasuk optimasi seo blog kita, apalagi berpikiran denga seperti ini akan lebih mudah di teridex di Google sampek-sampek cepat jadi Rangking 1 di Google.
Jika anda sudah menemukan simbol atau icon yang tepat seakarang saatnya merubah gambar dari anda menjadi File Icon. Caranya mengguanka favicon generator yang banyak di internet tapi tenang saya udah sediakan di sini, Klik saja ini. Nanti anda aka di bawa ke halaman baru, di sana nanti anda tinggal up load aja gambar anda di kota yang sudah di sediakan> pilih ukuranya saya sarankan pake 32x32 >klik Generate Favicon. Terus tinggal simpan di mana anda akan menyimpan.
Ini belum selese dan belum bisa di gunakan, agar bisa di gunakan file ICO harus di simpan dulu di situs  yang secara khusus menyediakan fasilitas hosting file. Anda bisa menggukan yang ini Klik saja, file ICO yang anda simpan tadi sekarang harus anda up loada lagi di sana> lalu klik up load it> kalo di bawa ke halaman baru copy code HTML yang ada pada kolom HTML.
Itu belum selse juga untu menyelesaikan ini caranya, saatnya menyisipkan link yang tadi anda copy ke dalam Template anda, gini pergi ke template lalu klik edit HTML. Terus cari kode <title><data:blog.pagetitle/></title> dengan CTRL+F, kalo sudah ketemu sisikan kode

<link href='KODE ICON ANDA' rel='shortcut icon'/>
<link href='KODE ICON ANDA' rel='icon'/>

Tapi ganti dulu kata 'KODE ICON ANDA dengan link yang anda copy tadi. Jika sudah diganti sisipkan kode tersebut tepat di bawah kode <title><data:blog.pagetitle/></title>, lalu klik preview dulu agar jika ada kesalahn bisa di minimalisir jika tida ada apa-apa tinggal save aja.

Pengalaman saya, kode favicon tidak bisa langsung begitu saja langsung mengubah idedntitas blog saya ternyata baru keliatan hasilnya  setelah 24 jam.
Jadi bagi anda jika belum langsung muncul iconya biarkan saja dulu tunggu 24 jam jika tidak ada perubahn coba baca lagi jangan sampai ada yang salah.

0 comments:

Post a Comment

  • Blogroll

  • About